Taman Nasional Gunung Palung Di rantau Panjang


Kawasan TNGP memberikan dampak positif yang besar bagi warga Kayong Utara dan Ketapang, khususnya masyarakat Rantau Panjang. Menjaganya, sama seperti menjaga aset/kekayaan yang kita miliki.

Sebagai aset, semeatinya TNGP memberikan limpahan kekayaan kepada pemiliknya, penduduk yang berada di sekitarnya. Kekayaan yang dimaksud, selain manfaat sumber daya alam yang ada di dalamnya. Hutan, sungai dan segalanya, seharusnya menjadi jalan untuk mensejahterakan masyarakat.

Kompensasi apa yang bisa diberikan pemerintah, kepada masyarakat di sekitar TNGP? Menciptakan ekonomi produktif, melalui pengelolaan hutan dan sungai (agrowisata) berbasis masyarakat. Serta, pengelolaan sumber daya air untuk irigasi pertanian, air bersih dan MCK.

Jika kebijakan tersebut du atas dijalankan pemerintah, tentu menjadi solusi yang produktif. Hutan tetap terjaga, dan kesejahteraan masyarakat akan tercipta. (Adm)

Part 1

Part 2

Part 3

Part 4

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.