PROBLEMATIKA DAN SOLUSI KARTU BPJS Desa Rantau Panjang


Bagi warga masyarakat Desa Rantau Panjang mengenal nama pimilik KIS di bawah ini, tolong hubungi Pemerintah Desa Rantau Panjang. Kami sudah berusaha mencari nama tersebut, numun belum ketemu.

Data ini langsung dikeluarkan Kantor BPJS, kemungkinan bekerjasama dengan dinas terkait, tanpa diketahui desa. Sehingga Pemerintah Desa menemui beberapa kendala di lapangan.

Kendala yang dihadapi desa dari peluncuran kartu tersebut, ada beberapa warga ekonomi menengah ke atas yang dapat, sementara yang tidak mampu belum dapat. Ada 1 KK hanya dapat 1 atau 2, padahal anggota keluarganya 5 orang.

Ada yang nama-nama penerimanya sulit ditemukan, karena alamat di kartu tidak jelas. Ada pemilik kartu yang sudah meninggal, tetapi kartunya tidak dikembalikan ke pemerintah. Sehingga Pemda membayar sia-sia, kartu orang yang sudah meninggal, dan seterusnya.

Kabar yang kami terima, kuota PBI KIS Rantau Panjang 2019, terdiri 51 DPM dibiayai dari APBN, dan sekitar 227 DPM dari APBD KKU. Jumlah ini masih belum sebanding, dengan jumlah warga yang belum memiliki. Dan kartu-kartu tersebut telah dibagilan ke DPM, kecuali nama-nama yang kurang jelas.

Menyikapi pesoalan ini, Pemerintah Desa melakukan pendataan kepada warga. Tujuannya, untuk mengetahui mana warga yang sudah memiliki Kartu BPJS, mana yang belum. Serta memperbaiki data yang ada. Kegiatan ini dilakukan oleh Kadus di masing-masing dusun, atau Pengurus RT yang diamanatkan Kadus.

Silakan warga proaktif mendaftarkan diri ke Kadus, atau Pengurus RT setempat. Jika pengurus belum datang ke warga, warga yang mendatangi pengurus.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.