PEMDES RAPA LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK WARGA DESA RANTAU PANJANG

 

Hari Sabtu tanggal 4 Desember 2021 Pemerintah Desa Rantau Panjang (Pemdes Rapa) melaksanakan Vaksinasi kepada warga masyarakat desa dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga sore jam 15.30 wiba. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Satgas Relawan Aman Covid-19 Desa Rantau Panjang yang diketuai oleh Hasanan yang juga selaku Kepala Desa Rantau Panjang. 

Selain itu kegiatan ini juga melibatkan beberapa stekholder penting dalam proses vaksinasi, diantaranya terutama Tenaga Medis Puskesmas Teluk Melano yang juga dihadiri langsung oleh Kepala Puskesmas yang akrab disapa dengan nama panggilannya Ibu Evi (Evi Norsita), Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Simpang Hilir dan utusan Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Barat. Kegiatan ini juga dikawal dan disaksikan langsung oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Kecamatan Simpang Hilir yang juga dihadiri oleh Ipda Herlyan. SH selaku Kapolsek yang baru menjabat di Polsek Simpang Hilir yang juga didampingi Bhabinkamtibmas Rantau Panjang Brigpol Tomi dan Komando Rayon Militer (Koramil) Simpang Hilir yang dihadiri oleh Hendry. P dan beberapa anggota TNI lainnya.

Ditengah pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini Kades Rapa Hasanan menyempatkan diri memperkenalkan Kapolsek Simpang Hilir yang baru menjabat tersebut dan Kepala Puskesmas Teluk Melano. "Bapak Ibu sekalian, hadir ditengah-tengah kita saat ini adalah Kapolsek Simpang Hilir yang baru, dan Kepala Puskesmas Teluk Melano. Beliau berdua datang dan berkunjung kemari untuk menyaksikan secara langsung proses pelaksanaan vaksin di Desa kita. Vaksinasi Covid-19 kali ini merupakan tahap pertama bapak ibu, mudah-mudahan kegiatan hari ini sesuai target yang kami rencana, dan kami atas nama pemerintah desa berharap untuk vaksinasi di tahap yang kedua nanti juga bisa lebih banyak yang hadir daripada hari ini. Harapan tersebut bukan hanya sekedar harapan kami semata, tapi merupakan harapan kita semua, sebab sebagai penentu utama percepatan capaian vaksinasi di desa kita adalah bapak ibu selaku warga masyarakat desa rantau panjang. tutur Hasanan penuh harap.

Kapolsek Simpang Hilir bpk Ipda Herlyan. SH didampingi oleh Hasanan, Evi Norsita dan Hendry, menyempatkan diri untuk menyapa dan memperkenalkan dirinya kepada warga desa yang hadir, beliau menyampaikan : "Bapak Ibu sekalian, perkenalkan saya Herlyan SH, Kapolsek Simpang Hilir yang baru, Alhamdulillah hari ini saya diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dengan bapak ibu warga Desa Rantau Panjang, saya senang sekali bisa bertemu dan bertatap muka dengan bapak ibu untuk menyaksikan langsung proses pelaksanaan vaksinasi covid-19 saat ini, semoga disuasana pandemi ini bapak ibu dan seluruh warga Kabupaten Kayong Utara dilindungi oleh Allah SWT, selalu sehat setelah memperoleh vaksin covid-19 dan terhindar dari virus yang saat ini sedang melanda di negara kita" tutup Herlyan mengakhiri sapaannya.

Tak hanya itu, Kapolsek tersebut juga memberikan ruang kepada Kepala Puskesmas Teluk Melano Ibu Evi untuk memperkenalkan dirinya. "Bapak Ibu sekalian mungkin sudah ada yang kenal dengan saya. Saya biasa dipanggil Evi sebagai kepala puskesmas teluk melano. Harapan saya jangan hanya pada saat ini saja ya bapak ibu divaksinasi, nanti akan ada lagi vaksinasi yang kedua, sebab untuk masyarakat umum itu minimal dua kali dan untuk kami para nakes (Tenaga Kesehatan) itu divaksinasi sebanyak tiga kali" tutur ibu Evi sambil mengacungkan tiga jarinya.

Ibu Kepala Puskesmas Melano tersebut juga berharap dan mengatakan "Tapi tetap ya bapak ibu, bukan bearti kita sudah divaksin, kita lalai dengan protokol kesehatan. Saya mohon kepada bapak ibu yang sedang mengantri untuk divaksin tetap menggunakan masker. Saya mohon selama pandemi ini masih ada, mohon bapak ibu sekalian kemana saja tetap menggunakan masker. Bagi bapak ibu harap bersabar untuk menunggu giliran dan jangan balek dulu, kalo nak makan siang silekan balek dulu nanti balek sini lagi, rugi bapak ibu sebab vaksinasi ini gratis, vaksin ini bagus untuk bapak ibu sebagai wujud kepedulian negara kepada masyarakatnya yang harus selalu dilindungi" tutup Ibu Evi mengakhiri kalimatnya.
 
 
Saat pelaksanaan vaksinasi ini tampak tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti dan menerima vaksin covid-19 saat ini, beberapa orang yang ikut mendaftar untuk divaksin menjadi perhatian oleh pelaksana dan para tenaga medis, diantaranya dengan kondisi yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan berusia lanjut rela datang untuk mendapatkan vaksin covid-19 namun gagal divaksinasi dengan alasan kesehatannya tidak stabil, ada juga warga yang memiliki identitas yang belum online, rela berharap mendapatkan vaksin walau tanpa memperoleh sertifikat vaksin, hanya memperoleh kartu manual dan ia telah memperoleh vaksinasi covid-19, yang tak kalah luput dari perhatian pelaksana adalah warga penyandang disabilitas (cacat fisik sejak lahir) rela berjalan kaki, untuk datang ke Kantor Desa untuk mengantri dan memperoleh vaksin covid-19 secara gratis dari pemerintah. Dan pada akhir kegiatan vaksinasi ini, tercatat hampir 300 warga yang ikut mendaftarkan diri dan memeperoleh vaksin covid-19 dengan jenis vaksin Sinovac.

Disela-sela penghujung kegiatan Kades Hasanan selaku ketua Satgas Relawan Aman Covid-19 Desa Rapa menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada seluruh warga masyarakat yang telah hadir untuk mengikuti dan memperoleh vaksin tahap I saat ini, kehadiran warga masyarakat akan menjadi tolak ukur pemerintah daerah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah desa rantau panjang untuk kedepan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh komponen yang terlibat dalam kegiatan ini, mulai dari pelaksana dari unsur desa, Tenaga Medis Puskesmas teluk melano terutama ibu Evi yang telah mengutus tenaga-tenaga medisnya di desa rantau panjang, Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Simpang Hilir dan Utusan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalbar.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Tim Pengawal dan Pengawasan dari Institusi Polri melalui Polsek Simpang Hilir, dan Koramil Simpang Hilir, serta terima kasih kepada mitra kerja keamanan desa yaitu Bhabinkamtibmas dan Babinsa Rantau Panjang yang selalu setia berkerjasama dengan pemerintah desa hingga saat ini untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan ketertiban masyarakat Desa Rantau Panjang.

Melihat dan menilai antusias warga desa untuk memperoleh vaksinasi covid-19, menjadikan sebagai pembelajaran berharga bagi kita semua, jika seseorang yang lansia dan memiliki keterbatasan fisik saja bisa berfikir ingin memperoleh vaksin sebagai tambahan daya tahan tubuh bagi kesehatannya, kenapa kita yang normal dan sehat harus menolak untuk divaksinasi. (Admindes)

GALERI KEGIATAN VAKSINASI DESA RANTAU PANJANG



































































Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.