PEMDES RAPA LAKSANAKAN BIMTEK

DESARAPA.COM, Rantau Panjang, 30 Desember 2021
Pemerintah Desa Rantau Panjang laksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi dan Imformasi, Tahun Anggaran 2021. Tema yang diusung pada kegiatan ini, yaitu Geliat Desa Mandiri dengan Pemuda Berbudaya dan Sadar IT.

Acara pembukaan kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Desa Rantau Panjang Hasanan. Dihadiri oleh ketua BPD Rantau Panjang Amiruddin, Imam Masjid Desa H. Salim Ya'kub. 

Narasumber dari Dinas Komunikasi dan Imformatika Kayong Utara, Timotius, S.Com. Kemudian Ketua Lembaga Simpang Mandiri Miftahul Huda. Sedangkan ketua panitia pelaksana kegiatan yaitu Suharnadi, S.Pd.I.


"Pentingnya Pelatihan (Bimtek) ini dilakukan karena kite ingin mengarahkan adek-adek ini kearah pemanfaatan teknologi yang tepat guna, agar teknologi informasi yang tersedia tidak disalahgunakan pada hal yang negatif" papar Hasanan dalam sambutannya.

Kades juga menjelaskan, perkembangan teknologi dan imformatika saat ini semakin pesat. Pemuda desa, khususnya pelajar tingkat atas, seyogyanya harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada secara tepat guna. Juga harus mampu menyaring informasi-informasi yang beredar, agar tidak terjebak informasi palsu, atau berita palsu yang disebut hoax. 

Melalui bimbingan teknis ini,  Pemdes berharap agar pemuda/pelajar yang mengikuti kegiatan ini, nantinya akan bermanfaat bagi dirinya sendiri juga desa Rantau Panjang. Misalnya, dengan cara mempublikasi kegiatan atau perihal kebiasaan masyarakat. Atau publikasi nilai-nilai dan kebudayaan seputaran desa Rantau Panjang.

Bimtek kali ini lebih mengutamakan praktik. Selain materi teori,  narasumber langsung membimbing praktik penggunaan perangkat lunak (komputer/laptop). Praktik ini dibimbing Miftahul Huda

Materi praktik yang disampaikan, yaitu cara membuat film dokumenter. Spesifiknya, dokumenter seputar kebudayaan, kebiasaan, atau kearifan lokal desa.

Dalam sesi praktik, peserta dibagi 6 kelompok. Yaitu kelompok Kapel, Kelapa, Melati, Sulo Keladi, Bambu Runcing dan Meriam Kuning. Tugas kelompok tersebut,  membuat naskah film. Kemudian langsung shoot ke lapangan. Setelah itu proses editing menggunakan perangkat komputer milik Perpustakaan Desa Harapan Baru, dan terakhir pemutaran film. 

Dari keenam kelompok tersebut, ada 3 hasil film terbaik setingkat pemula. Film terbaik ini langsung dinilai narasumber. Penilaian tersebut disaksikan Kepala Desa dan panitia pelaksana kegiatan. Film tmini sudah ditayangkan di channel youtube RAPA Tv

Penilaian terbaik pertama adalah kelompok Melati, dengan judul film "JEPIN". Penilaian terbaik kedua, kelompok Meriam Kuning, judul film "MENOREH ASA DI POHON KARET". Penilaian terbaik ketiga, kelompok Kelapa, judul film "KELAPA MELIMPAH DI TANAH BETUAH" (klik judul untuk nonton filmnya).

Ketiga kelompok terpilih tersebut, juga diberikan doorprise berupa bingkisan dari panitia pelaksana, dan saat materi pertama, salah satu peserta juga mendapatkan bingkisan kecil dari Timotius.
   
Selain dapat ilmu dan pengalaman, peserta juga mendapat uang saku, dan sertifikat bimtek dari Pemerintah Desa Rantau Panjang. (Admindes)

FILM KELOMPOK PESERTA

"JEPIN" karya kelompok "Melati"

karya kelompok "Meriam Kuning"

karya kelompok "Kelapa"


GALERI KEGIATAN BIMTEK 2021

Dok. Sesi Acara Pembukaan Kegiatan





















Dok. Sesi Penyampaian Materi ke-1
"Pengenalan dan Dasar IT"
Narasumber : Timotius, S.Com
Dinas Komunikasi dan Imformatika KKU












Dok. Sesi Penyampaian Materi ke-2 dan ke-3
"Pemanfaatan IT berbasis ekonomi kreatif"
"Reportase ( liputan )  dalam bentuk tulisan dan media visual"
Narasumber : Miftahul Huda
Lembaga Simpang Mandiri



















Dok. Sesi Penyampaian Materi ke-4
"Praktek reportase dalam bentuk penulisan dan media visual (dengan tema Budaya)"
Narasumber : Miftahul Huda
Lembaga Simpang Mandiri
Tahap I : Pembagian Kelompok Tugas


























Dok. Sesi Penyampaian Materi ke-4 Lanjutan
"Praktek reportase dalam bentuk penulisan dan media visual (dengan tema Budaya)"
Narasumber : Miftahul Huda
Lembaga Simpang Mandiri
Tahap II : Editing Media Visual












































Penilaian Hasil Karya 6 kelompok peserta
"Pembuatan Film Dokumenter bertema Budaya"
Narasumber : Miftahul Huda
Lembaga Simpang Mandiri














Foto bersama Kepala Desa, Narasumber, Panitia Pelaksana dan Peserta
Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi dan Imformasi



Penyerahan Uang Saku dan Sertifikat kepada peserta
Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi dan Imformasi
































JANGAN LUPA FOLLOW, SUBSCRIBE, LIKE, COMENT & SHARE




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.