SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1443 HIJRIYAH

 

Tanggal 1 Muharram 1443 Hijriah merupakan Tahun Baru Islam 2021, Umat Muslim memperingati tahun baru berdasarkan kalender Hijriyah yang sudah diterapkan sejak masa Khalifah Umar bin Khattab, saat itu terjadi peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw dari Mekkah ke Yasrib (Madinah), yakni pada tahun 622 Masehi.

Pada dasarnya Islam juga memiliki 12 bulan dalam satu tahun hijriyah yang mana empat bulan di antaranya merupakan bulan yang paling dimuliakan oleh Allah SWT yang biasa disebut bulan haram, yaitu bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Para ahli tafsir menjelaskan bahwa amalan ibadah selama bulan yang dimuliakan Allah SWT tersebut pahala bagi yang mengerjakannya akan dilipatgandakan, begitu pula bagi yang mengerjakan amalan buruk pada empat bulan haram tersebut, dosanya juga akan dilipatgandakan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir yang menjelaskan, "Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa di samping melipatgandakan perbuatan baik."

Selain itu, tahun baru Islam atau 1 Muharram 1443 Hijriyah ini juga memiliki makna mendalam dan spesial bagi umat muslim, di antaranya sebagai berikut :

1. Hijrahnya Nabi Muhammad

1 Muharram juga diperingati sebagai pengingat peristiwa penting saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah yang kemudian melahirkan agama Islam. Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah, Islam mengalami perkembangan pesat dan semakin menyebar hingga ke Mekkah dan wilayah sekitarnya.

Nabi Muhammad SAW memutuskan hijrah setelah memperoleh wahyu dan perintah dari Allah untuk menyebarkan ajaran Islam ke masyarakat.

2. Bentuk Perjuangan Nabi Muhammad dan Para Sahabat

Tahun baru Islam juga dimaknai sebagai semangat perjuangan yang tak kenal lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Meskipun banyak tantangan dan rintangan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat tak pernah menyerah atau pesimis, bahkan Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah meninggalkan tempat kelahirannya, saudara dan harta bendanya hanya agar bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah SWT.

3. Intropeksi diri

Pergantian tahun baru Islam juga dimaknai sebagai momen untuk intropeksi diri atau muhasabah. Seiring waktu yang terus berjalan dan berlalu dengan adanya tahun baru Islam, diharapkan umat muslim lebih mawas diri, introspeksi dan bermuhasabah atas segala tindakan dan perbuatan yang dilakukan selama 12 bulan, sekaligus memikirkan apa yang harus diperbaiki dan amalan buruk apa yang harus ditinggalkan di tahun mendatang.

Demikian sekilas makna 1 Muharram 1443 Hijriyah ynag dirangkum admindes dari berbagai sumber terpercaya. Mari kita bersama bertafaqur, menegadahkan tangan berdo'a, semoga segala perbuatan baik kita menjadi pahala kita diakhirat kelak, semoga segala perbuatan buruk yang pernah kita lakukan tidak akan kita lakukan kembali dan kita tinggalkan sebagai bentuk mahasabah kita, semoga kita semua terhindar dari segala jenis bahaya, dijauhkan dari segala macam penyakit, dan semoga pandemi yang sedang melanda Republik Indonesia ini lekas berakhir dan kita semua bisa hidup dan bersilaturahmi secara normal kembali, Aamiin

SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1443 HIJRIYAH
Semoga menjelang ke-76 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam keadaan baik-baik saja, Aamiin. (admindes)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.