Serah Terima Secara Simbolis Tempat Penampungan Air Bersih T.A 2019

Senin, 30 Desember 2019
Dalam rangka memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana masyarakat, Pemerintahan Desa Rantau Panjang merealisasikan kegiatan Pengadaan Penampungan Air Bersih per Rumah Warga. Tepatnya Aula Kantor Desa Pemerintah Desa mengadakan kegiatan secara simbolis Serah Terima Penampungan Air Bersih kepada Warga Masyarakat Desa Rantau Panjang.

Acara Serah Terima ini dihadiri oleh ZUKARNI - BABINSA Rantau Panjang, TOMI - Babinkamtibmas Rantau Panjang, SAHMIN Wakil Ketua BPD Rantau Panjang, ANUAR SADAD mewakili LPM Rantau Panjang sekaligus sebagai Ketua TPK Desa selaku pelaksana teknis kegiatan desa, Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan Warga Masyarakat Perwakilan Penerima dari Dusun Sepakat Jaya dan Sinar Palung. 

Dalam acara ini, Hasanan selaku kepala Desa Rantau Panjang menyampaikan beberapa point penting yang harus difahami oleh warga masyarakat selaku penerima. Yang pertama penerima harus menanda tangani surat pernyataan diatas materai sebagai dasar ikatan tersurat dan dasar hukum bagi Pemerintahan Desa, selanjutnya penerima harus memahami bahwa penampungan air bersih ini merupakan aset negara atau aset pemerintahan desa sebab pembelanjaannya bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019, maka bantuan ini bukan bersifat bantuan cuma-cuma dan secara otomatis barang ini tidak diperkenankan untuk diperjual belikan secara individu. Selanjutnya Penerima wajib mengembalikan tempat air bersih ini jika penerima pindah dan keluar dari Desa Rantau Panjang baik secara administratif maupun secara domisili, pengembalian tersebut akan diperbantukan lagi kepada warga masyarakat desa lainnya yang membutuhkan, kepala Desa juga berharap kepada penerima, agar bisa menjaga, merawat dan mempergunakannya dengan sebaik-baiknya agar tempat air bersih ini bisa bermanfaat dalam waktu jangka panjang, kepala desa kembali berpesan, jika tempat air bersih ini mengalami kendala seperti bocor atau pecah, diharapkan kepada penerima agar segera dan secepatnya melaporkan atau menyampaikan pemberitahuan kepada pemerintahan desa, dapat kita tindak lanjuti. 

Prosesi Penyerahan ini dilakukan atau diserahkan secara simbolis oleh Kepala Desa, Ketua BPD, BABINSA, BABINKAMTIBMAS, ketua TPK Desa sekaligus mewakili LPM Desa Rantau Panjang, dan H. Salim Ya'kub selaku Imam Desa Masjid Rantau Panjang kepada 6 orang perwakilan warga penerima dari masing-masing RT diwilayah dusun Sepakat Jaya dan Sinar Palung.

"Surat Pernyataan bermaterai ini disediakan merujuk Undang-Undang dan Aturan Pemerintah tentang Penggunaan Dana Desa bahwa pengadaan bantuan yang bersumber dari Dana Desa ini tidak boleh diperbantukan kepada perseorangan dengan cara diberikan dengan cuma-cuma, barang ini hanya boleh dipinjamkan saja dan masih tetap menjadi milik negara atau pemerintah, Pernyataan ini kita sediakan dalam rangka mengantisipasi kejadian jual beli tempat air bersih, kita tidak ingin kejadian jual beli PAH ini terjadi didesa kita Rantau Panjang, jika ada warga penerima yang pindah dari desa Rantau Panjang maka tempat air bersih tersebut tidak diperbolehkan dibawa pindah keluar dari desa kita dan penerima harus mengembalikannya kepada pemerintah desa yang nantinya akan diperbantukan kembali kepada warga lainnya" papar Hasanan

Hasanan kembali menjelaskan "Pengadaan ini merupakan kegiatan tahap pertama didesa rantau panjang, didesa ini terdapat 8 dusun dan 23 RT yang jumlah warganya lebih dari 4000 warga, dan lebih dari 800 rumah berpenghuni. Hasil kesepakatan musyawarah diawal tahun 2019, bahwa ada 2 dusun yang diperioritaskan untuk direalisasikan oleh pemerintahan desa yaitu Dusun Sepakat Jaya dan Dusun Sinar Palung, jadi kita masih ada PR ditahun anggaran berikutnya sebab masih ada 6 dusun lagi datanya yang masih menunggu giliran, dan kami berharap warga masyarakat yang belum menerima pinjaman tempat air bersih ini harap bersabar untuk menunggu giliran," (admin)

Galeri Serah Terima Penampungan Air Bersih per Rumah Warga

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    


    

    
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.