𝐒𝐨𝐬𝐢𝐚𝐥𝐢𝐬𝐚𝐬𝐢 𝐑𝐞𝐯𝐢𝐭𝐚𝐥𝐢𝐬𝐚𝐬𝐢 𝐄𝐤𝐨𝐧𝐨𝐦𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐧𝐬𝐮𝐥𝐭𝐚𝐬𝐢 𝐏𝐮𝐛𝐥𝐢𝐤


Hari ini (29/8/2019), di Mahkota Hotel Sukadana, digelar Sosialisasi Revitalisasi Ekonomi dan Konsultasi Publik. Acara ini diselenggarakan oleh Balai TNGP.

Pembicara sosialisasi, yaitu Kepala Balai, Deputi Restorasi Gambut dan Direktur Kawasan Konservasi. Acara di buka resmi oleh Drs. Citra Duani, Bupati Kayong Utara.


Peserta sosialiasi terdiri dari OPD terkait. Perwakilan perusahaan yang berbatasan dengan zona konservasi. Para investor dan pelaku usaha. Perwakilan Camat Sukadana dan Simpang Hilir. Serta Kepala Desa dan perwakilan Kelompok Masyarakat yang berada dikawasan TNGP.

Perwakilan kelompok masyarakat (pokmas), yaitu pokmas yang masuk dalam daftar pembinaan BRG, melalui Balai TNGP. Ada 7 pokmas yamg mendapatkan pembinaan tahun ini, terdiri dari 3 desa di Kecamatan Simpang Hilir. Yaitu Desa Rantau Rantau Panjang 2 pokmas, Penjalaan 2 pokmas dan Batu Barat 3 pokmas.
Pokmas Desa Rantau Panjang yang telah terdaftar mendapatkan pembinaan/bantuan, yaitu Putri Rantau dan Makmur Jaya. Putri Rantau, yaitu kelompok pengolahan nanas, yang dikoordinir oleh TP-PKK Desa. Sedangkan Makmur Jaya kelompok budidaya pertanian dan kegiatan lainnya.

Untuk sementara, ada 5 pokmas yang mendapatkan penyerahan bantuan secara simbolis. Rantau Panjang 1 pokmas, Putri Rantau. Penjalaan 2 pokmas dan Batu Barat 2 pokmas. Sedangkan 1 pokmas Rantau Panjang dan 1 pokmas Batu Barat, masih terhambat terkait persoalan administrasi.


Pemilihan desa tersebut, karena merupakan Kawasan Hutan Gambut (KHG) Sungai Simpang dan Sungai Rantau Panjang. Secara kebetulan, 3 desa di atas berbatasan langsung dengan TNGP. Kawasan ini menjadi titik program restorasi gambut di KKU oleh BRG.

Program restorasi terdiri dari:
a) pembasahan gambut, yaitu dengan cara membangun kanal dan sumur bor;
b) penghijauan/reboisasi; dan
c) pembinaan/pemberdayaan masyarakat.

Terkait sosialisasi hari ini, yaitu penggalian gagasan dan solusi untuk perencanaan program pemberdayaan masyarakat. Ini sebagai dasar untuk master plan program pemberdayaan masyarakat selama 5 tahun.

Untuk pemberdayaan, perlu sinergitas lintas sektor. Baik Balai TNGP, dinas/instansi terkait, LSM/NGO, pelaku usaha/investor, desa,  maupun pemegang konsesi (perkebunan) di sekitar kawasan.

Inti dari kegiatan ini, bagaimana kawasan konservasi/TNGP tetap lestari, dan masyarakatnya sejahtera. Untuk menuju itu, pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan keniscayaan.

Di akhir acara, penandatangan plakat kerjasama pemberdayaan masyarakat. Kemudian penandatanganan Berita Acara pemberdayaan masyarakat lintas sektor. Terutama desa yang berada di KHG dan TNGP.

Salah satu isi kesepakatan, bahwa forum konsultasi publik merekomendasikan pembentukan tim pemberdayaan masyarakat lintas sektor. Tim ini nanti akan disampaikan ke Bupati untuk di-SK-kan.

Dari 43 desa di KKU, ada 16 desa yang ditetapkan sebagai desa pemberdayaan. Dominannya Kecamatan Simpang Hilir sebagai KHG. Dari 16 desa tersebut, ditetapkan 88 kegiatan pemberdayaan selama 5 tahun.(admin)




GALERI KEGIATAN
Sosialisasi Revitalisasi Ekonomi dan Konsultasi Publik










Share:

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.