RENCANA TATA KELOLA HUTAN DESA

DESARAPA.COM, Rantau Panjang 22 Januari 2022 
Hari ini (22/1), Rantau Panjang kedatangan tamu istimewa. Tamu ini bertandang ke kantor desa Rantau Panjang, didampingi M. Muchlis Saputra dan rekannya. Tamu asal Jerman tersebut, adalah Frank Momberg. Dia Senior Advisor Regional Asia Pasifik - FFI.

Lembaga yang bergerak dalam fauna dan flora internasional tersebut, melakukan pendataan potensi desa. Terutama potensi desa yang memiliki hutan desa, berdasarkan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kehadiran Frank, sapaan akrabnya, ingin melihat dan berinteraksi langsung dengan LPHD dan warga. Beliau menggali informasi terkait pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Yang menjadi perhatian Frank, kelestarian Hutan Desa yang dikelola LPHD. Kelestarian hidrologi gambut. Pembedayaan LPHD dan masyarakat sekitar Hutan Desa. 

Untuk pemberdayaan masyarakat, Frank tertarik dengan pengembangan kopi. Bukan hanya mempertahan budidaya komoditi kopi, tetapi pengolahan hasil dan pangsa pasarnya. Sebab potensi ini ada di Rantau Panjang.

Frank sempat meneguk kopi asli Rantau Panjang. Pria lajang yang fasih bahasa Indonesia ini mengungkapkan, enak rasa kopi disini. Bahkan dia menghabiskan 2 gelas kopi, karena merasa enak.

Setelah berdialog panjang di kantor desa, Frank dan rekannya ke lapang. Frank meninjau langsung ke kebun kopi Sarkawi, warga Parit Timur. Kemudian, meninjau sekat kanal, serta berinteraksi dengan warga eks trans Rantau Panjang.

Dokumen perencanaan tata kelola hutan desa dan pemberdayaan telah siap. Rencananya, proposal tersebut disampaikan ke NGO (LSM) internasional yang dipegang Frank, melalui Yayasan Palung.

Hasanan, Kedes sekaligus Ketua LPHD berharap, agar program ini segera terwujud. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar HD (Hutan Desa). Sehingga fungsi Hutan Lindung (HL) tetap terjaga. (Admindes)

GALERI



















Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.