KAKANWIL KEMENAG KALBAR LAUNCHING RANTAU PANJANG JADI KAMPUNG MODERASI BERAGAMA

 

DESARAPA.COM, Rantau Panjang 14 Juli 2023,
Kakanwil Resmi Launching Desa Rantau Panjang menjadi Kampung Moderasi Beragama Tahun 2023.
Peresmian tersebut dilaksanakan dalam acara serimonial, berlokasi di halaman kantor Desa Rantau Panjang. 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Barat Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I. Wakil Bupati Kayong Utara bapak H. Efendi Ahmad, S.Pd.I, M.Sos. Kepala Kantor Kemenag Kayong Utara bapak H. Tengku Indra Kusuma, S.Pd.I, M.Si. Hadir juga H. Nazril Hijar, S.Ag, Ketua PCNU Kayong Utara, para penyuluh agama di Kayong Utara, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda desa, para ketua Lembaga yang ada di Desa Rantau Panjang dan Kayong Utara.

Desa Rantau Panjang ditetapkan menjadi Kampung Moderasi Beragama, melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat nomor 394 Tahun 2023 tentang Penetapan Rintisan Kampung Moderasi Beragama. SK tersebut dibacakan lansung oleh Meto Sarono, Penyuluh Agama Budha di Kayong Utara.


Kepala Desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kakanwil Kalimantan Barat, telah menetapkan Desa Rantau Panjang menjadi Kampung Moderasi Beragama.

"Kami mengucapkan terima kasih pada bapak Kakanwil dan Wakil Bupati, terutama pada Kakanwil yang telah menetapkan Desa Rantau Panjang menjadi Kampung Moderasi Beragama. Tentu ini juga menjadi tantangan kami bagaimana upaya kami bisa merawat kerukunan beragama, dan mudah-mudahan ini tetap terjaga dengan baik," ucap Hasanan dalam sambutannya.

Dalam kutipan pantunnya, Hasanan juga berharap acara ini bukan hanya serimoni semata. Tetapi juga ada pembinaan berkelanjutan untuk desanya.

"Pergi tamsya ke ujung negri
Jalan-jalan menghibur hati
Terima kasih kami sampaikan kepada pemangku negri
Menetapkan rantau panjang sebagai kampung moderasi".

"Setelah tamsya dari ujung negri
Pikiran suntuk semnagat kembali
Setelah ditetapkan menjadi kampung moderasi
Mohon jangan tinggalkan kami sendiri".


Dalam sambutannya Kakanwil Muhajirin Yanis mengatakan, bahwa ini juga menjadi program perioritas dari Kementerian Agama. Program perioritas yang pertama adalah program penguatan moderasi beragama. Yang pengimplementasinya bisa bermacam-macam. Salah satunya  yaitu pembentukan Kampung Modesari.


Sambutan terakhir disampailan Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad. Bahwa Pemerintah Kayong Utara menyambut baik penetapan kampung moderasi ini. Serta memberikan apresiasi atas dilaunchingnya Desa Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Hilir menjadi Kampung Moderasi Beragama. Ini menjadi contoh dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Desa Rantau Panjang. Ini merupakan salah satu program unggulan dari kementerian agama melalui, Dirjen Bimas Islam untuk mengimplementasikan penguatan moderasi beragama di Negera Kesatuan Republik Indonesia.


Sesi terakhir ialah pemukulan gong oleh Wakil Bupati Kayong Utara. Dilanjutkan penandatangan piagam/sertifikat Kampung Moderasi Beragama oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat, sebagai tanda resminya Desa Rantau Panjang Menjadi Kampung Moderasi Beragama di Kayong Utara Kalimantan Barat Tahun 2023. (Admindes)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.