MUSRENBANGDES RAPA T.A 2021 UNTUK KEGIATAN TAHUN ANGGARAN 2022

 

Rantau Panjang, Jum'at, 29 Januari 2021, Berdasar jadwal yang telah ditentukan oleh Muspika Kecamatan Simpang Hilir, hari ini Jum'at 29 Januari 2020 Pemerintah Desa Rantau Panjang (pemdesrapa) mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk rencana pembangunan Tahun Anggaran 2022. Acara ini dilaksanakan di Gedung Balai Pelatihan dan Pertemuan PNPM di Jalan Parit Timur.


Acara Musrenbangdes ini dipimpin langsung oleh Hasanan Kepala Desa yang didampingi oleh Sarkawi Ketua BPD Rantau Panjang, hadir dalam acara tersebut unsur Muspika Kecamatan Simpang Hilir yang diwakili oleh saudara Nazarudin, SE dan Yulisman dari Komisi 2 Perwakilan DPRD Dapil Simpang Hilir, adapun peserta Musrenbangdes adalah dari unsur Anggota BPD, Tim Penggerak PKK, LPM, Pemuda Karang Taruna, Seluruh Kepala Sekolah (SD, SMP, SMA), Tenaga Medis Desa, Tokoh Agama, Tokoh Seni Adat dan Budaya Desa, Tokoh Masyarakat dan Ketua RT se Desa Rantau Panjang.


Musrenbangdes ini merupakan agenda tahunan yang wajib dilaksanakan guna menggali gagasan dari perwakilan masyarakat, terutama dari ketua lingkungan dan pemuka masyarakat.
Adapun pokok pembahasan dalam Musrenbangdes ini adalah membahas Usulan dan Perengkingan Usulan Perioritas yang akan dibiayai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN pada Tahun Anggaran 2022. Hasil Perengkingan Uusulan Perioritas ini ditetapkan dalam Berita Acara Kesepakatan dan akan dibawa pada forum Delegasi Musrenbang Kecamatan yang akan diadakan pada pertengahan Februari 2021.

Setelah melalui dialog dan diskusi yang cukup alot, akhirnya usulan perioritas ditemukan untuk masing-masing bidang, 5 (lima) usulan perioritas untuk Bidang Ekonomi, 5 (lima) usulan perioritas Bidang Sarana dan Prasarana dan 5 (lima) usulan perioritas Bidang Sosial Budaya.
Adapun hasil Musrenbangdes ini untuk Tahun Anggaran 2022 antara lain sebagai berikut :

1. BIDANG EKONOMI
    - Bantuan Bibit Kopi Unggul (Arabika/Rabusta)
    - Bantuan Bibit Ternak Kambing Unggul
    - Bantuan Bibit Kelapa Unggul (Kelapa Pandan)
    - Bantuan Bibit Budidaya Ikan Air Tawar/Payau
    - Pengadaan Bantuan Pupuk Pertanian

2. BIDANG SARANA DAN PRASARANA
    - Lanjutan/Peningkatan Jalan Ampera dan Perbaikan Gorong-Gorong
    - Rehab Berat Tanggul dan Perbaikan Pintu Air Asin (Galian Ekscavator)
    - Lanjutan Peningkatan Jalan Subsidi (Parit Timur - Ampera)
    - Lanjutan Peningkatan Jalan Sekunder SP.2
       (Dari Jln. Ampera menuju Simpang 3 Terus Landak Siput Lestari)
    - Lanjutan Peningkatan/Pengaspalan Jalan Abu Kasim Bar (TR.9) Dusun Sinar Palong

3. BIDANG SOSIAL BUDAYA
    - Pembangunan Panti Rehabilitasi Narkoba Kayong Utara
    - Pembangunan SD 27 Felial/Definitif Desa Rantau Panjang Lengkap dengan Moubleir.
    - Peningkatan dan Pembenahan Lapangan Sepak Bola Desa
    - Pembangunan Ruang UKS  serta perabotannya SMAN 3 Simpang Hilir
    - Bantuan Peralatan Drum Band SDN 05 Rantau Panjang

Selain Usulan Perioritas, pada saat itu juga ditunjuk dan disepakati untuk menghadiri Acara Delegasi Musrenbang Kecamatan diwakili oleh :
1. Kepala Desa
2. Ketua BPD
3. Kasi Kesejahteraan Desa
4. Ketua LPM/Utusannya 1 orang
5. Pemuda Karang Taruna 1 orang
6. Kepala Sekolah SMAN 3 Simpang Hilir (Perwakilan Perempuan)
Keenam Perwakilan Delegasi ini akan membawa hasil Musrenbangdes yang telah disepakati hari ini, yang nantinya akan dibawa kembali pada tahap selanjutnya yaitu pada Musrenbang Kabupaten.

Dikutip dari dialog dan diskusi dari para peserta dan narasumber pada forum Musrenbangdes ini, harapan utama peserta Musrenbangdes selaku perwakilan Masyarakat Desa Rantau Panjang ialah, Usulan Perioritas ini bisa diperjuangkan oleh para anggota DPRD Dapil Simpang Hilir dan bisa terealisasi di Tahun Anggaran 2022 serta tidak terkesan formalitas untuk memenuhi kewajiban semata. (admin

Dokumen Musrenbangdes Tahun Anggaran 2022


GALERI MUSRENBANGDES 2021 - 2022

















Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.