SATGAS DESA RAPA TETAP LAKUKAN AKTIFITAS DISAAT HARI LIBUR


Minggu 5 April 2020. Walau dalam keadaan hari libur akhir pekan, namun tidak menyurutkan semangat dari para Tim Satgas Desa Rantau Panjang terutama sesksi medis.
Warga yang datang di Posko Pencegahan Covid-19 silih berganti, guna melaporkan dirinya yang baru datang dari luar daerah Kabupaten Kayong Utara,  perjalanan warga tersebut terdiri atas perjalanan umum dalam rangka tugas, juga mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah diluar daerah, mereka ada yang datang dari Kota Pontianak dan ada juga dari Pulau Jawa seperti Magelang dan wilayah lainnya.
Kedatangan mereka keposko merupakan atas kesadaran mereka sendiri, mereka turut ambil bagian dalam proses pemutusan rantai penyebaran virus corona yang saat ini sedang merebak di Indonesia.

Ibu Syf. Saupiah, A.Md, Kep. merupakan Tim Medis Satgas yang bertugas diposko, beliau melakukan pendataan yang nantinya berguna untuk memonitor mereka, mereka diinterview / ditanya mulai dari identitas diri dan riwayat perjalanan dan mereka juga diberikan arahan untuk mengambil sikap diri dan dibekali nomor kontak Tim Medis, jika sewaktu-waktu kondisi kesehatan mereka terdapat kendala, merekat bisa menghubungi nomor kontak yang diberikan. Jika terdapat kendala terkait kesehatan, mereka tidak perlu datang ke rumah sakit / puskesmas / pos pelayanan kesehatan lainnya, mereka cukup tunggu dirumah dan Tim Medis akan datang mengunjungi mereka untuk melakukan pengecekan kesehatan mereka.


Selain aktifitas diposko disisi lain Ibu Yussica Dianawati, A.Md, Kep. selaku Koordinator Medis Satgas dan anggota lainnya juga melakukan pendataan dilapangan, mereka mengunjungi rumah-rumah warga atas laporan dari para Tim satgas yang lain yang ditugaskan disetiap wilayah dusun, kunjungan ini dilakukam guna mendata, memonitor dan memberi arahan kepada warga yang dikunjungi mereka juga ditinggalkan nomor kontak jika sewaktu-waktu kodisi kesehatannya terdapat kendala.

Aktifitas Pendataan ini bukanlah  aib bagi warga Desa, ini merupakan bentuk kepedulian dan kesadaran untuk memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) yang saat ini sedang mewabah dan menjadi Pandemi atau lebih dikenal dengan Wabah Global.
Mereka yang datang melaporkan diri akan berstatus ODP Monitoring yang artinya Orang Dalam Pantauan yang akan dimonitor oleh Tim Satgas Desa terutama soal kesehatan mereka, monitor ini dilakukan selama 14 hari.
Mereka diminta untuk mengurangi aktifitas diluar dan mengurangi interaksi dengan orang lain termasuk tetangga dan keluarganya, selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan dan perbanyak minum air putih. Setelah 14 hari mereka tidak ada kendala kesehatan maka mereka akan dikeluarkan dari catatan Medis Tingkat Desa.

Untuk Semua Warga Desa Rantau Panjang terutama Mahasiswa dan Mahasiswi yang kuliah diluar Kabupaten Kayong Utara yang sedang pulang kampung ke Desa, diharapkan dengan kesadarannya untuk segera melaporkan kedatangannya di Posko Pencegahan Covid-19 yang berlokasi di Polindes Rantau Panjang, Jl. Provinsi (Teluk Melano - Sukadana) tepat di Simpang Empat  Koperasi. Bagi Mahasiswa yang sudah melaporkan dirinya, sudilah kiranya untuk menginformasikan kepada temannya yang belum melaporkan kedatangannya. (Adm)

GALERI










Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Berita Populer

PEMERINTAH DESA RANTAU PANJANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • #
  • #
  • #

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.